Cara Merawat Pakaian Bayi

Sebagai orang tua yang baik tentunya kita selalu ingin yang terbaik untuk si kecil, termasuk dalam hal memilih pakaiannya. Setelah membeli pakaian bayi yang tepat, Anda juga harus tau bagaimana cara yang tepat untuk merawat baju bayi karena kulit bayi lebih sensitive dibandingkan orang dewasa. Pemilihan ataupun perawatan pakaian bayi yang tidak tepat dapat mengakibatkan iritasi pada kulit bayi. Merawat baju bayi dapat dilakukan dengan proses mencuci hingga menyetrika.

cara mencuci baju bayi

Berikut Beberapa Cara Merawat Pakaian Bayi :

1. Pilih deterjen yang tepat, jangan tergoda dengan detergen yang mampu melenyapkan segala noda dengan cepat karena kemungkinan bahan kimia yang dipakai cukup keras untuk kulit bayi. Sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini dalam memilih detergen yang akan digunakan untuk mencuci pakaian bayi :

Baca terlebih dahulu petunjuk pada label pakaian. Pilih yang berlogo ramah lingkungan pada kemasan. Biasanya juga diberitahukan mengandung surfaktan dan enzim.
Bila memungkinkan pilih dan gunakan deterjen khusus untuk baju bayi.
Pilih deterjen yang tidak memakai bahan pewangi atau pewarna.

 

2. Hindari penggunaan cairan pemutih karena biasanya memiliki bahan kimia yang sangat kuat sekali.

 

3. Sebelum mencuci, lebih baik memilah-milah baju atau popok bayi Anda

 

4. Sebelum mencuci pakaian bayi Anda, bersihkan kotoran-kotoran pada baju dengan menggunakan air yang mengalir.Jika merasa diperlukan, misalnya noda yang membandel Anda bisa menaburi terlebih dahulu sabun atau deterjen, kemudian dikucek atau sikat setelah itu baru dibilas hingga bersih.

 

5. Baju atau popok bayi yang sudah bersih dari noda bisa dicuci bersama baju bayi lainnya. Jika mengggunakan deterjen bubuk, tuang air di ember atau mesin cuci terlebih dahulu, baru dibubuhi deterjen. Dengan demkian, debu deterjen tidak menebar ke mana-mana.

 

6. Baju bayi ataupun balita harus dibilas 2-3 kali, hingga benar-benar bersih dari sabun/deterjen, yang harus diingat adalah selembut apa pun deterjen yang Anda pakai, jika tidak dibilas dengan dengan bersih bisa menyebabkan terjadinya ruam popok hingga alergi pada kulit bayi.

 

7. Bila ingin menggunakan pelembut baju, gunakan pelembut baju yang khusus untuk baju bayi.

8. Keringkan baju balita Anda dengan menjemurnya. Gantungkan baju dengan bagian dalam baju terkena sinar matahari, karena sinar matahari membantu menghilangkan kuman-kuman. Setelah kering, setrika baju agar lebih nyaman.

 

Baju bayi nyaman, buah hati Anda pun akan nyaman

Leave a Reply